CARA PARTISI SD CARD MENGGUNAKAN APARTED

CARA PARTISI SD CARD MENGGUNAKAN APARTED

Cara Partisi SD Card Menggunakan Aparted – Apa kabar para pembaca Lepi.web.id ? gimana dengan artikel kami menarik bukan ? kali ini lepi.web.id ingin memberi pengetahuan kepada pembaca lepi semua mengenai aplikasi android yang bisa digunakan untuk mempartisi SD Card yaitu Aplikasi Aparted. Bagaimana sudah siap ? jika sudah silahkan baca artikel kami selengkapnya mengenai Cara Partisi SD Card Menggunakan Aparted.
Sebelum ke initinya kami ingin memberi informasi mengenai maksud dari partisi SD Card, Partisi SD Card adalah membagi kartu sd menjadi dua atau beberapa bagian (tergantung kita) dan diantara bagian tersebut kita buat satu bagian untuk akses di smartphone atau dengan kata lain kita jadikan satu bagian untuk memori internal dan bagian lain bisa digunakan untuk hal-hal lain yang tentunya tergantung dari pemiliknya, bisa digunakan sebagai media simpan file khusus atau juga bisa digunakan untuk file private, dan lain-lain.
Mempartisi Slod Card secara umum hampir sama dengan kita melakukan partisi di PC atau komputer dimana kita bisa membagi memori room nya menjadi 2 atau 3 (umumnya 2 saja) nah kedua memori room tadi satu digunakan untuk program file alias Drive C dan satu lagi digunakan untuk file lain alias Drive D. Secara umum bisa juga sebagai menambah memori internal.
Mengapa kami ingin menginformasikan cara partisi sdcard aparted android karena belum banyak yang mengetahui cara menggunakan aparted dan cara partisi dgn aparted di android, sedangkan cara partisi di pc atau komputer sudah barang tentu banyak yang mengetahui caranya. Selain itu dengan kehadiran Android ditengah-tengah kita banyak yang bisa digarap dan android merupakan salah satu pasar smartphone yang sudah banyak digunakan orang terutama para pecinta smartphone, gadget, tablet dan phablet. Melihat banyaknya fungsi yang didapat dari Android maka sudah barang tentu sangat berguna jika kita ingin membagi atau mempartisi memori Slod Cardnya dimana Slod Card adalah salah satu perangkat penting yang bisa mengelola setiap kinerja dan penyimpanan file. Nah dalam rangka meningkatkan performa dan kemampuan maka sudah seharusnya dan sebaiknya memori ekstrnal kita juga bisa dimanfaatkan menjadi bagian dari memori internal. Cara yang saya sebutkan diatas yaitu dengan melakukan partisi ruang memori kosong di memory card.
Cara Partisi SD Card Menggunakan Aparted
Salah satu pertanyaan yang mungkin menjadi pertanyaan nantinya adalah mengapa perlunya memori SD card di partisi ? sebenarnya ada beberapa alasan mengapa SD Card kita perlu dipartisi, selain penjabaran diatas juga alasan lain adalah untuk meningkatkan ROM dari smartphone anda , dapat menyediakan / menambah ruang kosong di SD Card kamu dan dimanfaatkan sebagai ruang penempatan aplikasi lain atau tautan lain yang bisa kamu hubungkan sesamanya. Dengan bahasa lain manfaat kita melakukan partisi adalah kita dapat memisahkan file-file tertentu untuk penyimpanan data sehingga data kita terlihat lebih rapi dan mudah menggunakan dan mudah dicari, misalnya file music terpisah, file video terpisah, file aplikasi terpisah dan file-file lainnya.
Setelah mengetahui apa itu partisi SD Card dan manfaat kita melakukan partisi maka kali ini yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara partisi SD Card ? sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan partisi kartu Slod Card, kita bisa menggunakan software yang banyak bertebaran diinternet untuk partisi SD Card yang bisa dilakukan di PC ataupun komputer. Namun kali ini lepi.web.id tidak ingin membahas cara partisi sd card dengan download software diatas dengan menggunakan PC / komputer namun kami ingin membahas cara Partisi SD Card dengan menggunakan Aparted yang bisa digunakan di handphone / smartphone android anda tanpa menggunakan PC.
Cara Partisi Slod Card dengan menggunakan Aparted atau bisa juga disebut aplikasi Android Partition Tool atau apk aparted, kelebihan dari apk aparted ini selain dapat digunakan untuk partisi kartu memori, juga bisa digunakan untuk menambah RAM ke perangkat dengan membuat partisi SWAP, selain itu Aplikasi aparted ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki kartu memori SD Card yang rusak dan menscanning file yang rusak.
Syarat yang digunakan untuk mempartisi SD Card menggunakan aparted adalah harus memiliki aplikasi / apk aparted, anda bisa download apk apartednya secara gratis disini : Apk Aparted
Berikut Cara Mempartisi SD Card Android Menggunakan Aparted :
  1. Instal apk aparted yang sudah anda download diatas namun jangan dijalankan dulu.
  2. Untuk keamanan maka backup semua data di sd card nya karena semua data sd card akan dihapus.
  3. Keluarkan kartu memori dari ponsel kalau tidak mau dilepas bisa juga dengan cara setting di smartphone : masuk ke menu pengaturan, lalu penyimpanan, pilih lepaskan kartu memori (unmount SD card) karena partisi ini akan berfungsi jika kartu memori terlepas atau tidak terbaca di ponsel.
  4. Jika sudah maka kita dapat menjalankan aplikasi Aparted tersebut kemudian ikuti cara berikut pilih tab ” CREATE ” dan tekan pada hijau ” + PLUS ” tombol . anda akan diminta untuk membuat partisi pertama, kita bisa membuat partisi dua atau lebih partisi terserah anda namun sebaiknya pilih dua saja. Setelah itu kita tentukan jumlah ruang penyimpanan yang kita mau dengan cara menggeser garis warna hijau sesuai dengan keinginan. Lalu pilih jenis File System FAT32 dan klik aplly change.
  5. Sesudah itu klik tab “Tools”, nah disini anda bisa memilih dengan check list partisi mana saja yang anda inginkan di ponsel Android lalu kita tinggal klik tombol Create untuk melanjutkan.
  6. Selanjutnya partisi yang anda pilih tersebut akan di proses, lalu jika muncul dialog Exit, anda tingggal klik OK untuk keluar dari system.
  7. Langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan Restart atau reboot smartphone android kita, nanti setelah di Restart maka otomatis kartu memori Anda telah dipartisi menjadi beberapa bagian.
Sebenarnya selain cara partisi menggunakan aplikasi aparted banyak juga cara lain yakni dengan menggunakan Aplikasi tautan2SD, jika ada waktu nanti kami informasikan juga Cara partisi Menggunakan Aplikasi tautan2SD, namun jika anda penasaran dengan cara menggunakan aplikasi tautan2SD maka kami persilahkan cari atau googling saja diinternet dengan kata kunci Cara Menggunakan  Aplikasi tautan2SD kami yakin pasti sudah banyak yang membahasnya.
Cara partisi sd card diatas bisa juga kami sebutkan dengan cara partisi sd card tanpa PC, karena memang proses pelaksanaan partisi sd cardnya tanpa menggunakan bantuan PC / komputer sekalipun dan cara diatas merupakan salah satu cara yang simple dan mudah untuk digunakan dibanding cara lain, oleh sebab itu kami lebih mengutamakan membahas cara partisi sd card dengan menggunakan aplikasi aparted dibanding cara lain.
Demikian pembaca lepi.web.id sekalian informasi kami mengenai Cara Partisi SD Card Menggunakan Aparted, semoga bermanfaat dan bisa menjadi refferensi bagi anda, jika ada yang kurang atau sulit dimengerti sebelumnya kami mohon maaf. Bagi anda yang ingin mengetahui Cara Mudah Membuat Aplikasi Android silahkan baca-baca di link tersebut.

Comments

Popular Posts